Memaknai “Meeuwodidee”

Ket. Foto: Yakobus Odiyaipai Dumupa

Oleh Yakobus Odiyaipai Dumupa

KATA Meeuwodidee sering disalahpahami. Karena salah dipahami, maka sering salah ditulis dan diucapkan. Misalnya, ditulis Meuwo, Meeuwo, Meuwododide atau Meeuwodide. Padahal, seharusnya ditulis Meeuwodidee. Juga sering disalahucapkan, misalnya Meuwo atau Meeuwo. Padahal, jika diucap begitu saja tanpa kata Didee maka kata itu kehilangan arti. Lantas bagaimana seharusnya?

Kata Meeuwodidee berasal dari tiga kata, yaitu Mee, Uwo, dan Didee. Kata Mee artinya manusia atau nama suku: Mee. Kata Uwo, artinya “air”. Kata Didee artinya tanah, daratan atau hamparan. Jika ketiga kata tersebut digabung menjadi Meeuwodidee, maka artinya menjadi Tanah Air Mee atau negeri Mee.

Untuk memudahkan pemahaman, kata Meeuwodidee bisa dibandingkan dengan kata England dan Nederland. England artinya tanah Angels, yang merujuk pada salah satu suku Jermanik yang menetap di Inggris pada abad pertengahan. Nederland artinya tanah rendah, yaitu sebutan bagi negeri Belanda yang dataran/tanah lebih rendah dari permukaan laut. Jika kata Meeuwodidee bisa di-Inggris-kan, maka bisa menjadi Meetland.

Sekarang kita kembali ke persoalan kesalahpahaman penulisan dan pengucapan kata Meeuwodidee di atas. Kalau kita menulis dan mengucap Meeuwo, maka itu artinya kita mengatakan air Mee. Penyebutan dengan singkatan (kalimat yang tidak lengkap) seperti ini menyebabkan kata Meeuwodidee kehilangan arti yang sesungguhnya.

Sedangkan kesalahan lainnya hanya berupa kekurangan huruf dalam penulisannya saja, seperti Meeuwo (kekurangan kata Didee), Meuwododide (kekurangan huruf e pada kata Mee dan kekurangan huruf e pada kata Didee, dan Meeuwodide (kekurangan huruf e pada kata Didee.

Mulai sekarang, gunakanlah kata Meeuwodidee secara baik dan benar dalam penulisan maupun pengucapannya. Sederhana saja: tulis dan ucapkan Meeuwodidee.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here